apakah benar.....? bir mempunyai manfaat kesehatan....!!!!!!

tombo ngantuk blog - apakah benar bir mempunyai manfaat kesehatan.............?
bir adalah minuman beralkohol rendah, dengan kadar alkohol di bawah 5%

saya kutip dari detik health dan kompas.com alkohol memang memberi dapak buruk bagi kesehatan tubuh atau mental kita, dan dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. alkohol akan meningkatkan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker hati. Dalam sebuah studi baru diungkapkan, perempuan yang rata-rata minum satu atau dua sajian alkohol setiap hari akan meningkatkan risiko kanker payudara hingga 10 persen. Sedangkan mereka yang minum tiga sajian dalam semalam akan menaikkan risikonya hingga 30 persen. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko penyakit lain, seperti penyakit jantung, sirosis hati (pengerasan hati), kerusakan otot jantung, dan stroke. 

Jika Anda hamil, sebaiknya hentikan dulu konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan keguguran atau sindrom alkohol janin pada bayi yang masih ada di dalam kandungan. Sindrom ini dapat merusak pertumbuhan dan perkembangan sistem sarafnya. 

bagaimana dengan bir.................?

bir adalah minuman dngan kadar alkohol rendah, dan dalam Sebuah artikel di jurnal medis The Lancet menyebutkan, konsumsi bir sebenarnya dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung. Minuman ini mengandung vitamin B6, yang mencegah pertumbuhan homocysteine, senyawa kimia yang dikaitkan dengan penyakit jantung.

Rata-rata satu sajian bir (sekitar 355 ml untuk bir kalengan) memberikan perlindungan antioksidan dalam jumlah yang sama dengan red wine. Mengonsumsi bir dalam jumlah yang sedang dapat menurunkan peluang penyakit jantung koroner hingga 30-40 persen. Dari segi kandungan kalorinya, ada beberapa variasi. Regular bir kurang lebih mengandung 144 kalori, sedangkan light beer 108 kalori.

Sekali lagi, jika Anda ingin minum alkohol, kuncinya adalah minum dalam jumlah yang sedang. "Manfaat itu akan Anda dapatkan jika jumlahnya sedang, yaitu satu atau dua sajian untuk sehari," papar Young. Jika rata-rata ukuran bir per sajian adalah 355 ml, satu sajian wine adalah 148 ml, dan alkohol keras 44 ml. "Tetapi Anda tidak bisa merapel jumlah tersebut saat weekend, lho!"

berikut ini manfaat yang bisa kita dapat kan bila mengkonsumsi bir dalam jumlah yang benar1. Bir minuman yang rendah kalori
Beberapa bir memiliki jumlah kalori yang rendah sebesar 64 kalori per 12 ounce per botol. Bahkan untuk jenis reguler hanya memiliki 100 kalori per 12 ounce per botol. Dalam sebuah negara yang menyukai kadar kalori yang rendah, bir menjadi alasan untuk diminum termasuk oleh Obama tentunya.

Sebagai perbandingan satu ounce semua jenis minuman yang disuling atau 4 ounce anggur hanya mengandung 100 kalori. Sedangkan minuman campuran yang dikemas memiliki kalori lebih tinggi yakni 250-500 kalori. Bir favorit banyak orang ketika musim panas adalah mencampur setengah jenis bir extra light seperti MGD 64, Beck's Premier Light, atau Michelob Ultra Lime yang kadang dicampur dengan setengah minumuman Diet &-up.

2. Bir mengandung antioksidan
Sedikit orang yang tahu ada fakta bahwa bir mengandung antioksidan. Kajian di University of Scranton menghitung zat asam antioksidan di dalam bir dan sebagian besar bir jenis keras seperti jenis lagers, light beer, dan bir non alkohol juga memiliki antioksidan ini.

Berdasarkan temuan itu, beberapa peneliti memasukkan bir yang memiliki banyak antioksidan ke dalam pola diet di AS ketimbang anggur. Para peneliti yang melakukan penelitian dengan memberikan bir kepada binatang yang memiliki kolesterol tinggi menemukan bahwa bir hitam atau jenis lagers membantu melindungi arteri dari timbunan plak. Bir yang mengandung antioksidan juga membantu mengurangi peradangan saluran darah yang berkaitan dengan penyakit jantung.

3. Bir juga bagus untuk otak
Etanol selain diketahui melindungi kardiovaskular dan membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke, dalam kajian terbaru menunjukkan bahwa ada kandungan yang terkait dengan sistem saraf. Para peneliti menemukan alkohol bisa melindungi protein yang dibutuhkan untuk melindungi otak atau ancaman Alzheimer

Jangan lupa, alkohol juga bisa menyebabkan kecanduan. Jadi, Anda harus memastikan bahwa Anda bisa membatasi asupannya. Jika Anda mudah terpengaruh teman, atau punya riwayat keluarga yang mengalami kecanduan alkohol, sebaiknya jauhkan diri dari minuman ini.

semuanya berpulang kepada anda..........apalagi jika anda beragama islam, karena sedikit atau banyak minuman beralkohol itu tidak boleh di konsumsi oleh umat muslim.

source : kompas.com dan detik health

apakah benar.....? bir mempunyai manfaat kesehatan....!!!!!! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Lee Yoen